Minggu, 21 November 2010

Perawatan CVT


Tetap Perlu Grease
2010-05-21 22:02:23
4607posisi-adib-1.jpgCVT tidak sepenuhnya harus bebas dari debu, oli dan air. Tetap perlu grease alias pelumas kental untuk mengurangi gesekan. Khusus skubek Yamaha, gemuk dijual sepasang dibanderol sekitar Rp 15 ribu. Diklaim sebagai gemuk khusus tahan panas dan tidak gampang meleleh ketika suhu tinggi.

Namun jika kita beli dapat 2 grease dalam satu kemasan tapi beda peruntukan. “Satu di kemasannya tertulis primary sheave grease dan satunya lagi tertulis scondary sheave grease,” jelas Fery Delon dari RPM Kawahara, bengkel khusus skubek di Pinang,Tangerang.

Dalam penggunaan harus pada tempatnya. Jangan sembarang tempat yang malah bisa berakibat selip. “Khusus untuk primary sheave grease, posisinya dioleskan di bosh dalam puli primer (Gbr. 1). Puli primer biasa disebut juga puli depan atau drive pulley. Puli ini sebagai rumah roller,” jelas mantan kepala mekanik Kymco Bintaro itu.
4608posisi-adib-2.jpg
Fungsi primary sheave grease untuk melumasi bushing puli yang dibuat dari kuningan, bergesekkan dengan bushing yang sudah dihardening. Khusus di skubek Yamaha di puli primer juga terdapat sil sebagai penahan grease agar tidak berceceran.

Di skubek lain seperti di Honda dan Suzuki Spin 125 tidak dilengkapi sil pada puli primer. Sehingga tidak mungkin diolesi grease. Ini menyebabkan bosh di puli skubek Honda dan Suzuki Spin rentan lepas. Karena gesekan kelewat tinggi tanpa grease. Kecuali Skydrive atau Skywave yang sudah dilengkapi sil.

“Di skubek Honda seperti Vario, tidak bisa diolesi grease. Karena tanpa sil. Ini yang menyebakan bosh puli primer Vario jadi mudah lepas. Belum setahun kadang sudah ada yang komplain,” jelas Sayidi, mantan mekanik bengkel resmi Honda dari Indramayu, Jawa Barat.

Selain itu juga, bushing yang dibuat dari logam yang dihardening jika tanpa grease pastinya juga tetap akan mudah baret. Akibatnya umur pakai komponen itu jadi lebih pendek.

Lanjut ke cara penggunaan scondary sheave grease. Digunakan untuk puli sekunder atau puli belakang. “Dioleskan pada sliding sheave sebelum dipasang penutupnya (Gbr. 2),” jelas Fery yang sampai sekarang masih banyak terima servis Kymco juga semua merek skubek itu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar